Video Game Perusak Moral!

May 11, 2010 9:28 AM Posted by -up2date-
Ada yang tau video game yang namanya GRAND THEFT AUTO?
Sebenernya game ini dirating 18+, ada yang 15+ dan11+. Tapi saya kaget banget pas adek  saya yang di kelas 1 SD yang berumur 7 tahun mainin game ini. Pertamanya kirain cuma game biasa aja. Tapi kok ada scene-scene dan tugas-tugas "aneh" yang harus dikerjain dalam game itu. Seperti: mencuri mobil, membunuh orang, melakukan pelecehan seksual terhadap wanita, nembakin polisi atau orang-orang yang ga bersalah. Belum lagi penggunaan kata-katanya yang kasar banget. Pokoknya  video game ini VIOLENT banget deh, ga ada bagus-bagusnya! Ini adalah beberapa scene dalam GTA yang menurut saya ga seharusnya diliat atau "diajarin" ke anak-anak kecil (kurang dari 18 tahun):

Bahkan masih banyak scene-scene yang lebih brutal daripada gambar-gambar yang di atas. Coba deh bayangin klo anak-anak setiap hari "dicekokin" dengan gambar-gambar seperti ini. Hal ini akan mempengaruhi kondisi emosional, moral dan mental si anak. Anak akan berpikir (namanya juga anak-anak, apa juga ditiru) bahwa kehidupan nyata tuh kayak gini. Klo kita mencuri itu ga papa, klo ada orang yang kita ga suka tinggal bunuh aja, and basically behaving against the law! Contoh nyatanya adalah adek saya yang masih SD tadi...klo pas maen game GTA, keliatan banget dia jadi emosian dan kasar perilakunya. Kayaknya klo ga maen GTA sehari aja, dia bakal uring-uringan...parah banget kan? Tapi setelah saya bilang ke orang tua saya tentang GTA dan dampak2nya (kebanyakan dari internet), akhirnya orang tua saya melarang adek saya itu untuk maen GTA lagi.

Dan ternyata hal ini juga pernah dipermasalahin sampe ke ranah hukum loh di Alabama, USA sana. Tapi pihak dari video game ini berkilah bahwa ga semua anak akan berprilaku violent hanya dengan bermain video game ini. Ya  emang ga ada jaminannya klo semua anak bakal rusak moralnya. Tapi pikir lagi deh, buat apa sih nyiptain game yang kaya gini? Namanya aja udah THEFT yang klo diterjemahin artinya:  "in criminal law, theft is the illegal taking of  another person's property without that person's freely given concent" (source: en.wikipedia.org/wiki/The_Theft).Yang udah jelas-jelas ga edukatif dan melanggar hukum permainannya? Klo memang ditujukan buat orang dewasa, (again, I don't get why people (even adults) want to play this game?) ya bener-bener diawasi dong peredarannya. Menurut saya, peran orang tua juga penting banget disini untuk mengawasi hal-hal apa saja sih yang dikonsumsi anak-anak mereka? Karena klo ngandelin pemerintah doang ga bakal bisa deh. Secara video game kaya gini banyak banget bajakannya, and belinya juga udah segampang kaya beli kacang goreng!

Ga mau dong generasi-generasi penerus kita mempunyai moral PENCURI dan PEMBUNUH?

0 Response to "Video Game Perusak Moral!"

Post a Comment