Brat Camp: China, The effect of China One Child Policy?

June 23, 2010 9:09 AM Posted by -up2date-
Beberapa waktu yang lalu, saya nonton salah satu special program-nya National Geographic, yang judulnya Brat Camp: China. Program ini menceritakan cara yang "UNIK" di China sana untuk mengatasi masalah kedisiplinan pada anak-anak di China yang berumur mulai dari kira-kira 7-15 tahun. Jadi, menurut orang tua mereka masing-masing, anak-anak ini manja banget, nakal, sangat tidak disiplin, bersikap tidak hormat sama orang tua mereka, dan juga ga mau melakukan kewajiban mereka di rumah maupun di sekolah.

Seorang anak sedang diwawancarai tentangbagaimana kehidupan mereka di Brat Camp

Jadi anak-anak ini dikirim ke "sekolah/camp" yang namanya Brat Camp ini. Anak-anak ini akan dipaksa buat berjalan sepanjang 800 KM across China. Mereka disuruh ngapalin literatur-literatur ato ayat-ayat dari alkitab (Im not really sure...) dalam waktu yang singkat, mereka diajarain bela diri, and baris berbaris juga. Pokoknya kaya ngelatih biksu-biksu atau kungfu-kungfu yang sering kita liat di Chinese movies gitu deh! Terus klo mereka salah ngerjain sesuatu, mereka juga bisa dipukul (dihajar lah gitu istilahnya..) sama pelatih/guru disana. Kaya sekolah militer gitu... Kasian juga sih..tapi sebagian anak emang bandelnya keterlaluan...!!

Anak-anak di Brat Camp sedang berbaris rapi

What do you think? cara yang berlebihan atau cara yang brilian? Klo menurut saya sih, cara ini sebenernya agak konyol aja. Tau dong kalo di China itu ada kebijakan satu anak aja? (one child policy) secara penduduk China tuh udah banyak banget! Nah,gara-gara para orang tua disana cuma boleh punya satu anak, mereka memanjakan banget anak semata wayang mereka. Anak-anak itu diperlakukan kaya princes and princesses di rumah!  Ya wajar dong kalo anak-anak itu jadi manja, dan ga tau sopan santun! Harusnya para orang tua ini bisa mencegah anak-anak mereka untuk berkelakuan kayak gitu, dengan ga terlalu memanjakan mereka.

Karena saya percaya, anak adalah "produk" dari orang tua masing-masing (walaupun dipengaruhi hal-hal lain sepeti lingkungan,temen,dll.) Jadi, konyol aja, kalo gara-gara perbuatan para orang tua itu sendiri, eh....mereka sekarang mengeluh anaknya kaya gitu....

Coba kalo Brat Camp ada di Indonesia....pasti banyak banget tuh anak-anak Indonesia yang dimasukkin situ....

P.S: Im sorry I can not upload the video, it's 22 minutes duration! hehe...go ahead you tube the video, if you want.....




0 Response to "Brat Camp: China, The effect of China One Child Policy?"

Post a Comment